Monday, April 27, 2015

Kabupaten OKU


Ogan Komering Ulu (OKU) merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan, yang terdiri dari 12 kecamatan dengan luas 3.617,60 kmdengan    kepadatan penduduk mencapai + 95 jiwa/km2. Kabupaten OKU kaya akan sumber daya alam, selain itu juga memiliki banyak tempat wisata dan gedung-gedung yang bisa digunakan untuk mengembangkan pendidikan dan kebudayaan di OKU dan pada akhirnya nanti dapat meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten OKU.
  
1.      Gedung Kesenian Baturaja 

Gedung Kesenian Baturaja  yang beralamat di jalan Dr. Moch. Hatta Kelurahan Kemalaraja Kecamatan Baturaja Timur, karena letaknya sangat strategis sehingga sangat mudah untuk dikunjungi. Gedung ini sangat berperan dalam melestarikan kesenian tradisional Kabupaten OKU khususnya dan provisnsi Sumatera Selatan umumnya, dimana sering digunakan untuk acara kesenian daerah serta acara sakral lainnya. 
 
foto : google
                                
2. Gedung SKB Baturaja

Gedung Sanggar Kegiatan Belajar selain memang digunakan untuk kegiatan belajar seperti PAUD, Program Pendidikan Paket A, Paket B dan Paket C, gedung ini juga sering digunakan sebagai tempat kegiatan pelatihan masyarakat yang membutuhkan keterampilan tertentu, serta tidak jarang pula  gedung SKB ini dipakai untuk acara sakral lainnya, sehingga berdampak pada tingkat pendapatan daerah Kabupaten OKU
.
foto : google
                                       
3. Taman Kota Baturaja

Sebelum dikenal dengan nama Taman Kota Baturaja, sangat melekat diingatan masyarakat Kabupaten OKU bahwa dulunya taman tersebut terkenal dengan sebutan Lapangan A. Yani, yang dikenal juga dengan lapangan sepak bola (stadion) dimana sering pula dijadikan tempat pelaksanaan  berbagai kegiatan pemerintah daerah  seperti upacara bendera HUT Republik Indonesia, pameran pembangunan, serta kegiatan lainnya. 

foto: google
Seiiring waktu dengan perkembangan Kabupaten OKU, kini lapangan A. Yani sudah disulap sedemikian rupa dengan tidak menghilangkan ikon pahlawan nasional yaitu Jendral A. Yani,  menjadi sebuah wahana wisata keluarga yang banyak menyajikan berbagai kuliner serta aneka permainan anak-anak yang mulai digelar pada sore hingga malam hari. Aset Kabupaten OKU yang satu ini terdapat kios-kios sebagai lahan penghasilan masyarakat yang meggelar dagangan dan jasa permainan anak-anak.
foto: dok. pribadi

  4. Tempat Rekreasi "Goa Putri"
  
Goa Putri yang terletak di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji memiliki panjang + 159 m dan lebar antara 8 - 20 m dengan ketinggian + 20 m, di tengah-tengah goa mengalir anak sungai yang bermuara di sungai ogan, di dalam goa banyak stalaktit dan stalakmit yang berusia ratusan tahun.

foto: google
Stalaktit dan stalakmit adalah bentuk khas daerah Karst yang terbentuk dari proses pelarutan air di daerah kapur secara terus-menerus. Air yang larut tersebut akan masuk ke lubang-lubang (doline) yang turun ke gua dan akan menetes ke dasar gua. Tetesan-tetesan tersebut akan berubah menjadi batuan berbentuk runcing. Stalaktit membentuk batuan runcing kebawah, sedangkan stalakmit membentuk batuan runcing ke atas. Dalam setahun, stalaktit dan stalakmit akan bertumbuh rata-rata sebanyak 0,13 mm (0,005 inci). Saat mengalami pertumbuhan cepat, stalaktit bisa tumbuh 3 mm (0,12 inci) per tahun. 

Tempat wisata yang satu ini ramai dikunjungi dari berbagai kalangan, selain tempatnya mengandung sejarah dan indah, tarif masuk lokasi ini pun terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. 

Demikian sedikit kilasan tentang daerah OKU yang berpotensi dalam meningkatan  pendapatan daerah, semoga bermanfaat dan terima kasih.








































No comments:

Post a Comment